RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ semester : X / 1
Pertemuan Ke : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu.
Kompetensi dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Indikator : indikator kegiatan pembelajaran antara lain:
• Menjelaskan karakteristik umum sains.
• Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
• Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
• Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
• Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup
Biologi.
• Memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi.
• Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu
Biologi.
• Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.
Tujuan Pembelajaran : Pada akhir pembelajaran diharapkan siswa dapat
• Menjelaskan keterkaiatan ilmu Biologi dengan ilmu lainnya
• mengetahui ruang lingkup Biologi
• Menjelaskan dampak positif dan negatif perkembangan ilmu Biologi
Materi Ajar : a. Ruang lingkup Biologi
b. Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya
Metode Pembelajaran : Diskusi dan Presentasi
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal
- Memeriksa kehadiran siswa (guru )
- Tanya jawab lisan tentang Ilmu Biologi
B. Kegiatan Inti
- Siswa menyimak penjelasan guru tentang pengertian Biologi serta kedudukan dan
keterkaitannya dengan ilmu lainnya.
- Mediskusikan dampak yang ditimbulkan akibat perkembangan Biologi, baik dampak
positif maupun dampak negatifnya.
C. Kegiatan Penutup
- Murid menyimpulkan hasil diskusi tentang dampak perkembangan Ilmu Biologi.
Penilaian
- Jenis : Tanya jawab lisan
- Butir Soal : 1. dampak positif perkembangan ilmu Biologi bagi mahluk hidup
2. dampak negatif perkembangan ilmu Biologi bagi mahluk hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar